Tips Menulis Artikel Bahasa Inggris

Membuat artikel bahasa inggrisJika anda sedang berencana untuk menjadi seorang penulis, dan telah terbiasa menulis dalam bahasa Indonesia, namun tidak dalam bahasa Inggris, maka halaman ini mungkin bisa menjadi input tentang bagaimana menulis artikel dalam bahasa Inggris.

Pada dasarnya, artikel bahasa Inggris memiliki struktur yang serupa dengan artikel Indonesia, yaitu memiliki Judul/Title, Kata Pengantar/Introduction, Isi/Body, dan Penutup/Conclusion.

Title:

Membuat judul untuk artikel akademik, atau scientific, format umumnya adalah simple dan jelas. Tetapi untuk artikel lain yang tidak kaku seperti tentang musik atau hiburan, judul harus bisa menarik perhatian seperti semacam tag line/catchphrase.

Introduction:

Isi introduction umumnya terdiri dari dua kalimat, dimana kalimat berupa complex sentences atau compound sentences. Jadi beberapa ide dapat digabungkan dalam 1-2 kalimat. Kata penghubung linkers atau connectors bisa digunakan untuk membentuk complex dan compound sentences, tapi khusus linkers, e.g. in spite of, although, nevertheless, sebaiknya digunakan sekali saja untuk menghindari resiko kesalahan penulisan yang tinggi.

Body:

Body atau isi paragraf dapat terdiri lebih dari 1 paragraf. Tergantung konten dan jenis artikel. Namun yang penting disini adalah tipe-tipe transition words yang umum digunakan untuk jenis-jenis pendekatan yang berbeda.

1. Chronological – Transition words yang digunakan di sini adalah untuk paragraf yang menjelaskan kronologis waktu, seperti before, after, first, next, then, when, during, later, etc.

2. Sequential – Pada sequential, kata-kata yang digunakan untuk menandakan tingkat/urutan kepentingan atau order of importance, seperti first, second, also, finally, in addition, equally important, etc.

3. Sebab/akibat – Digunakan untuk menandakan hubungan sebab akibat seperti because, since, therefore, as a result, consequently, etc.

4. Kontras/Perbandingan – Digunakan untuk menandakan persamaan atau perbedaan seperti also, additionally, just as, as if, as though, like, and similarly; kemudian untuk perbedaan seperti, but, yet, only, although, whereas, in contrast, while etc.

5. Penjelasan Spesifik/Umum – Digunakan untuk memberikan penjelasan spesifik atau khusus seperti for example, such as, like, namely, for instance, that is, in fact, in other words, etc.

Conclusion: Untuk bagian penutup kata-kata yang dapat digunakan adalah in summary, in conclusion, in brief, as a result, on the whole, summing up, as shown, ultimately, therefore, consequently, thus, in other words, to conclude, to summarise, finally.

Demikian tips untuk menulis artikel bahasa Inggris. Selamat mencoba dan keep writing!

About geckhaskempek

GEC -Global English Club- is extracurricular of MA KHAS Kempek Cirebon West Java Indonesia with vision "Be Intellectual by English".
This entry was posted in WRITING. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s