Penerapan Strategi Pembelajaran True or False di MA KHAS Kempek

true-or-false_optStrategi True or False (Betul atau Salah) adalah kegiatan kolaboratif yang dapat digunakan untuk merangsang keterlibatan langsung peserta didik dalam proses pembelajaran, mengembangkan team building, berbagi pengetahuan, dan belajar langsung.

Penerapan strategi True or False dapat ditempuh melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Buatlah sebuah daftar pernyataan yang berkaitan dengan materi pelajaran Anda, setengah darinya benar dan setengah yang lain salah. Sebagai contoh, pernyataan “Mariyuana adalah candu” adalah benar, dan pernyataan “Alkohol adalah stimulan” adalah salah. Tulislah masing-masing pernyataan dalam kartu indeks yang terpisah. Pastikan banyaknya kartu sejumlah peserta didik yang ada di kelas. Jika jumlah siswa ganjil, buatlah kartu untuk diri Anda sendiri.
  2. Bagikan satu kartu kepada masing-masing peserta didik. Beritahu seluruh kelas bahwa misi mereka adalah menetapkan kartu-kartu mana yang benar dan mana yang salah. Jelaskan bahwa mereka bebas menggunakan metode yang mereka inginkan untuk mencapai tugas tersebut.
  3. Ketika pembelajaran selesai, suruhlah masing-masing kertu dibaca dan dapatkan opini kelas mengenai pernyataan itu benar atau salah. Berilah pandangan atau pendapat minoritas.
  4. Berilah tanggapan balik tentang tiap-tiap kartu, dan catatlah cara di mana kelas bekerja bersama dalam penugasan itu.
  5. Tunjukkan bahwa keterampilan tim yang positif akan diperlukan bagi seluruh kelas karena pembelajaran aktif akan mewarnai.

Guru dapat melakukan variasi dalam penerapan strategi True or False ini dengan cara merekrut beberapa peserta didik sebagai pengamat sebelum kegiatan dimulai. Tugas mereka adalah memberi umpan balik mengenai kualitas kerja yang ditunjukkan oleh tim.

Sebagai ganti pernyataan faktual, guru dapat membuat sebuah daftar opini dan menempatkan tiap-tiap opini pada sebuah kartu indeks. Kartu-kartu dibagikan dan peserta didik diminta berusaha mencapai kesepakatan tentang reaksi peserta didik terhadap tiap-tiap opini dan menghargai sudut pandang minoritas.

Sumber:
Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani dan YAPPENDIS

About geckhaskempek

GEC -Global English Club- is extracurricular of MA KHAS Kempek Cirebon West Java Indonesia with vision "Be Intellectual by English".
This entry was posted in MEMBERS OF GEC, TIPS and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s