Lebih Baik Belajar Grammar atau Conversation Dulu?

Setiap orang yang hendak belajar Bahasa Inggris pasti menemukan kebingungan, lebih baik belajar grammar (tata bahasa) atau belajar conversation (percakapan) lebih dulu? Selalu muncul ketakutan seperti ini: “Kalau  belajar conversation dulu takutnya grammarnya jadi hancur. Atau kalau berlajar grammar dulu nanti malah takut-takut kalau mau ngomong Bahasa Inggris. Setiap kalimat yang akan diucapkan harus dipikirkan dulu grammarnya.”Jadi belajar Bahasa Inggris yang baik harus dimulai dari yang mana dulu sebaiknya?

Idealnya, keduanya memang harus dipelajari secara bersamaan karena grammar akan sangat menunjang conversation. Demikian pula sebaliknya. Namun, bila pertanyaan itu sudah muncul, jawabannya memang tak ada yang pasti, semuanya berangkat dari kebutuhan dan minat Anda. Mulailah dengan menemukan tujuan utama Anda belajar Bahasa Inggris. Apa yang sebenarnya Anda kejar atau ingin Anda capai? Mengejar beasiswa ke luar negeri? Menjadi akademisi? Menjadi translator atau penulis Bahasa Inggris? Mendukung karier atau usaha Anda?

Jika Anda ingin mencari lulus tes perguruan tinggi, mengejar beasiswa ke luar negeri, menjadi penerjemah atau penulis dalam Bahasa Inggris, mungkin lebih baik Anda belajar grammar terlebih dahulu. Beberapa ujuan formal perguruan tinggi atau test kerja awalnya dimulai dengan kemampuan pemahaman bacaan, kemamuan tata bahasa atau kemampuan menulis. Apalagi bila Anda harus menjadi penerjemah atau penulis yang diwajibkan menulis dalam Bahasa Inggris, kemampuan tata Bahasa Inggris yang baik wajib hukumnya.

Namun, bila yang ingin Anda kejar adalah menunjang karier, bisnis atau meningkatkan pergaulan, Anda bisa memilih belajar Bahasa Inggris dimulai dari conversation terlebih dahulu. Beberapa wawancara kerja mengharuskan pesertanya menjawab wawancara dalam Bahasa Inggris untuk itu diperlukan kemampuan percakapan dalam Bahasa Inggris yang mumpuni. Begitu pula bila Anda ingin melakukan ekspansi bisnis ke level Internasional, percakapan dalam Bahasa Inggris saat bertemu dengan partner atau klien asing tak bisa dihindari.

Satu hal yang pasti, dalam belajar Bahasa Inggris, entah grammar atau conversation, jangan takut ini atau itu dulu karena itu dapat menjadi penghambat utama proses Anda dalam belajar. Belajar sajadan jangan takut salah, itu kuncinya.

Source: http://www.wallstreet.ac.id

About geckhaskempek

GEC -Global English Club- is extracurricular of MA KHAS Kempek Cirebon West Java Indonesia with vision "Be Intellectual by English".
This entry was posted in TIPS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s